Latar Belakang
Kota Sukabumi dengan visi menjadi kota yang regilius, nyaman dan sejahtera memiliki posisi strategis karena berdekatan dengan Kota Bandung dan DKI Jakarta. Kota Sukabumi saat ini memiliki potensi pengembangan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi, khususnya dalam industri kreatif, kuliner, dan perdagangan komoditas agribisnis terpadu, yang sebagian besarnya berada pada sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Namun, sejak terjadinya Pandemi covid-19 tahun lalu perkembangan UMKM di Kota Sukabumi menjadi terhambat, yang salah satu penyebab utamanya adalah kelemahan dalam inovasi pemasaran. Pada umumnya pelaku UMKM di Kota Sukabumi masih menggunakan sarana pemasaran secara manual atau tatap muka langsung dengan konsumen. Adanya kebijakan pembatasan fisik/aktivitas (PSBB), konsumen dalam dan luar kota menjadi jauh merosot.
Kota Sukabumi sudah mulai melakukan inisiatif menuju Sukabumi Go Digital. Perkembangan teknologi dan tersedianya berbagai platform e-commerce online. Dengan memasuki pemasaran digital, pelaku usaha di Kota Sukabumi berpeluang bisa memasarkan produknya lebih luas ke seluruh Jawa Barat, Indonesia dan bahkan ke penjuru dunia. Dua tahun lalu, Pemkot Sukabumi telah dilaksanakan pelatihan ecommerce kepada UMKM. Namun daya jangkau masih terbatas dan follow-up kegiatan yang lemah. Diperlukan tidak hanya sebatas pelatihan e-commerce kepada UMKM, tapi juga pendampingan agar pelatihan yang diberikan efektif, lebih berhasil dan berdaya guna.
Untuk menjawab masalah tersebut, pada tahun 2021 telah dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Pemulihan Ekonomi, dengan judul kegiatan “Penerapan Metode 70:20:10 dalam Pengembangan Kompetensi Pemasaran UMKM Sukabumi menuju Sukabumi Go Digital”. Kegiatan tersebut dilakukan melalui workshop dan pendampingan UMKM dengan pendekatan 70-20-10 terhadap 30 UMKM terpilih. Hasilnya, dari 30 UMKM terpilih, terdapat 16 UMKM yang mengikuti 100% program (lihat lampiran), serta terjadi kenaikan hasil pembelajaran secara signifikan setelah dilakukan intervensi berupa kegiatan workshop dan pendampingan. Walaupun menunjukkan hasil positif, tingkat partisipasi UMKM dalam mengikuti 100% program yang hanya 53% mengindikasikan terdapat hal yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan partisipasi aktif dari UMKM yang terpilih dalam seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan.
Kemudian pada tahun 2022 dilakukan kegiatan lanjutan dengan judul kegiatan, “Peningkatan Kompetensi Pemasaran Digital UMKM Sukabumi dengan Sistem Pelatihan Terintegrasi berbasis Gamifikasi menuju Sukabumi Go Digital”. Kegiatan ini diikuti oleh 87 UMKM yang mengikuti pelatihan daring dan 45 UMKM yang mengikuti pelatihan luring. Tingkat partisipasi UMKM yang mengikuti 100% program meningkat menjadi 82.8%. Hal ini menunjukkan efektivitas sistem pelatihan yang dirancang.
Oleh karena itu, pada pengabdian masyarakat 2023 dilakukan penyempurnaan kegiatan pelatihan dengan mengusulkan perancangan sistem Massive Open Online Courses berbasis gamifikasi dengan harapan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dapat lebih berkelanjutan serta dapat memberikan dampak yang lebih luas kepada UMKM karena dapat diakses secara bebas oleh UMKM tanpa dibatasi oleh lokasi dan waktu.
Proses Perancangan MOOC
Perancangan MOOC dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan survei terhadap UMKM Kota Sukabumi untuk mengetahui rancangan seperti apa yang diharapkan. Terdapat 51 pelaku UMKM Kota Sukabumi yang mengikuti survei, , sebanyak 94,1% (48 orang) merupakan pemilik dan pengelola usaha, sedangkan 5,9% (3 orang) merupakan pemilik usaha serta tidak ikut mengelola usahanya. Lalu berdasarkan survei awal tersebut dilakukan wawancara untuk mengetahui persona dari UMKM Kota Sukabumi. Berikut ini adalah foto kegiatan wawancara yang dilakukan kepada 10 UMKM.
Berikut adalah persona yang dihasilkan yang menjadi basis dalam perancangan MOOC
MOOC yang sudah dirancang dapat diakses di Alamat umkmbermain.citraleka.id. Berikut ini adalah tangkapan layar MOOC yang dihasilkan,
Output Kegiatan
Berikut ini adalah output yang diperoleh melalui kegiatan yang dilaksanakan:
- 1 situs pembelajaran daring MOOC pemasaran digital yang dapat diakses secara gratis pada alamat www.umkmbermain.citraleka.id
- 1 Hak Cipta dengan judul ciptaan Pelatihan Pemasaran Daring UMKM Menggunakan Massive Open Online Courses (MOOC) Berbasis GamifikasI (nomor EC002023115394)